Google Site Kit adalah plugin WordPress yang dibuat Google secara official. Dapat Anda gunakan terutama untuk memasang Google Analytics, namun lebih dari itu, plugin ini cukup pintar dan memiliki koneksi spesial ke Google sehingga Anda bisa melakukan berbagai hal yang akan menghemat waktu dan uang Anda, hanya dengan menggunakan plugin ini. Google Site Kit dapat diakses di https://sitekit.withgoogle.com/

Dengan Google Site Kit, Anda dapat menghubungkan 4 layanan Google berikut ini ke website Anda

Walaupun banyak yang sudah menggunakan Google Site Kit untuk memasang kode Google Analytics, namun masih sedikit yang tahu bahwa menggunakan Google Site Kit, Anda bisa mulai dari Site Kit. Tidak perlu membuat akun Google Analytics atau Google Search Console terlebih dahulu. Plugin ini dapat membantu Anda membuat akun Google Analytics yang akan Anda hubungkan ke website Anda. Bahkan jika Anda ingin menggunakan dual tracking Google Analytics UA (Universal Analytics) yang juga dikenal sebagai GA versi 3, bersamaan dengan Google Analytics 4 (GA 4), plugin ini juga dapat melakukannya.

Singkatnya, dengan plugin ini, Anda cukup install dan jalankan wizard, ikuti petunjuk dan beri akses. Selanjutnya Google Anaytics, Google Search Console, PageSpeed Insights, dan AdSense akan terkoneksi dengan website Anda.

Salah satu kesalahan terbesar bagi pemasang kode Google Analytics adalah kode dipasang dan dibaca oleh seluruh pengunjung, baik dari luar maupun admin. Hal ini menyebabkan data yang kotor. Bayangkan jika kunjungan sebenarnya hanya 10 pageviews, namun karena Anda atau programmer Anda mengerjakan website, bisa jadi angkanya menjadi 100 bahkan 150 pageviews dalam sehari. Mungkin Anda pikir ini angka yang kecil, namun bayangkan perbedaannya. 10 pageviews x 30 hari = 300. Sedangkan 100 pageviews x 30 hari = 3000. Sangat jauh sekali.

Solusi dari hal ini adalah membuat kode Google Analytics hanya diakses oleh pengunjung dari luar, dan tidak menghitung pengunjung yang login ke website, terutama admin. Google Site Kit secara default sudah memasang kode GA dengan cara yang demikian, tanpa Anda harus memikirkan caranya secara teknis.

Dengan menggunakan Site Kit, Anda juga dapat melihat data kunjungan website tanpa harus login ke Google Analytics seperti contoh di bawah ini

Beberapa plugin Google Analytics hanya memberi fasilitas Google Analytics dashboard jika menggunakan versi berbayar. Di sini bisa Anda dapatkan secara gratis.

Demikian sekilas info mengenai Google Site Kit.

Semoga Bermanfaat 🙂

Similar Posts

Leave a Reply